Wednesday, June 19

FLOBAMORA dan Pemkab Lutim Bantu NTT


25 November 2021


Oleh: Parangsula
Editor: Dera Liar Alam
Foto-foto: ‘Terima Kasih Bupati Luwu Timur’ – dari halaman Lomboan atas izin ybs.


Malam hitam, badai mengamuk, korban hanyut, mati, hilang. Lembata diterjang banjir bandang, desa-desa dilalui materi dari Gunung Lewotolo. Tenggelam rumah, jembatan penghubung Flores – Adonara putus, jembatan penghubung Kupang – Malaka, juga hancur.

Drs. Amon Djobo, Bupati Alor, mengapresiasi dan berterimakasih kepada Pemkab Luwu Timur (Lutim) dan Paguyuban FLOBAMORA bersama rombongan, yang telah memberi bantuan kemanusiaan atas bencana Seroja 2021.


BANGUNINDONESIA.COM BERKENDARA dari Mangkutana, Luwu Timur, sekeluarga Lomboan Djahamou lewati daerah bencana di Palopo, menuju Makassar, lalu terbang ke Kupang, lanjut ke Alor. Hari ini, Kamis, 25 November 2021, sebagaimana disampaikan, “Tanggung jawab bantuan kemanusiaan FLOBAMORA di NTT telah tersalurkan,” demikian petikan pernyataan, Ldj X-napi, nama beken Lomboan.



Sebagaimana pemberitaan di sejumlah media, Paguyuban FLOBAMORA di Luwu Timur bersama Pemerintah Luwu Timur telah memberi bantuan kepada warga NTT di Alor, Adonara, Lembata, dan Kupang yang terdampak Siklon Seroja, April 2021 silam.

Sabtu, 20 November 2021, bantuan untuk Alor diserahkan Nusawati Muler, atas nama Pemkab Luwu Timur, didampingi Petrus Muat, Ketua Paguyuban Flobamora, dan Lomboan Djahamou, Sekretaris Paguyuban Flobamora. Rombongan dan bantuan diterima di Rujab Bupati Alor, oleh Drs. Amon Djobo, Bupati Alor.

Petrus Muat menyampaikan yang mana Pemkab Luwu Timur dan Paguyuban FLOBAMORA turut prihatin dengan kondisi yang dialami masyarakat terdampak siklon Seroja di NTT. “Mohon maaf, bantuan ini agak terlambat karena kesibukan kami dan pemerintah, terutama kendala pandemi Covid-19. Memberi dari kekurangan kami, ini wujud cinta kasih kepada semua warga di tanah kelahiran kami,” urai Petrus Muat. Dia menyebut bahwa masyarakat NTT di Luwu Timur, Sulawesi Selatan, karena bancana Seroja telah menggalang bantuan dari sejumlah pihak, dalam hal ini lewat pemerintah Luwu Timur, berikutnya dari perusahaan pertambangan PT. Citra Lumpia Mandiri. Total bantuan senilai Rp. 130 juta.



Obat-obatan, air minum, dan sejumlah paket bantuan sementara disalurkan pada masyarakat tertampak bencana di NTT.

Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia, saat konferensi pers, 05 April 2021, menyampaikan duka citanya atas nama masyarakat Indonesia. Presiden mengimbau institusi pemerintah untuk membantu memperbaiki kerusakan yang ditimbulkan siklon Seroja.

Ketika bencana mengganas, sejumlah media internasional memberitakan, euronews, sicnoticias.pt, menyebut perkiraan jumlah korban dan akibat bencana. Disampaikan berapa sekolah di perbatasan Indonesia – Timor Leste dievakuasi prajurit TNI sebelum roboh. Polisi di Kefamenanu, dibantu TNI, mengevakuasi sebagian besar penduduk kota akibat banjir di daerah tersebut.

Mengutip Sky News, siklon Seroja merupakan bencana paling merusak yang pernah dialami negara itu selama 40 tahun terakhir. Seperti dituturkan Taur Matan Ruak, Perdana Menteri Timor Leste. (*)

1 Comment

Comments are closed.