Tuesday, July 16

Soyuz Diluncurkan Tanpa Awak, 1966


28 November 2021


Diramu dari berbagai sumber
Oleh: Dera Liar Alam


Gambar: Mir Space Station dilihat dari Pesawat ulang alik Endeavour saat misi STS-89 – 09 Februari 1998.
Source: archive.org
Author: NASA


SOYUZ, rangkaian pesawat luar angkasa yang dirancang Sergey Korolev untuk program luar angkasa Uni Soviet: Medio, 28 November 1966, pertama kali Soyuz diluncurkan tanpa awak.

Selanjutnya Soyuz digunakan untuk mengangkut kosmonot dari dan ke stasiun luar angkasa Salyut, Mir, dan Stasiun Luar Angkasa Internasional. Penerbangan berawak pertamanya terjadi 23 April 1967.


Langit dan kota suatu ketika.

Siapa Sergey Korolev? Dia adalah kepala teknisi roket dan perancang pesawat luar angkasa Soviet dalam perlombaan antariksa antara Amerika Serikat dan Uni Soviet tahun 1950-an dan 1960-an. Dia mengenyam pendidikan sebagai perancang pesawat, namun dia justru lebih menguasai integrasi desain, organisasi, dan perencanaan strategis.

Korolev sempat ditahan karena diduga menyalahgunakan dana: eksperimen roketnya yang gagal memakan biaya besar, 1938, dan di beberapa bulan kerja paksa di kamp Kolyma. Setelah bebas, ia diangkat sebagai perancang roket dan tokoh penting dalam pengembangan program ICBM Soviet. Ia lalu ditunjuk sebagai kepala program luar angkasa Soviet, anggota Akademi Ilmu Pengetahuan Soviet, dan pemimpin proyek Sputnik dan Vostok yang melibatkan peluncuran Yuri Alexeevich Gagarin ke orbit Bumi, 12 April 1961. Ketika ia meninggal dunia tahun 1966, rencananya untuk menempatkan Rusia sebagai negara pertama yang mendaratkan manusia di bulan baru saja dilaksanakan. (*)

#Koffie #Estorie