Monday, October 14

RI-1: Kekayaan Laut Alor Luar Biasa


03 Oktober 2024


Awan-awan menari di cakrawala Lede Kalumbang seakan kedip menjauhi Rada Mata, laut elok di bawah sana, tuju sekian destinasi, ada sempat singgahi Mali disambut Lego-Lego…


Oleh: Pontius Waly Mau – Kontributor Alor


Editor: Dera Liar Alam


ORANG-ORANG berdesakan di jalan-jalan ingin bersua Jokowi, RI-1, yang datang dalam rangka tiga hari kunjungan kerja di Nusa Tenggara Timur, dan singgah di Alor. “Ini adalah kabupaten dan pulau yang sangat-sangat indah. Kekayaan lautnya luar biasa. Saya kira, jika Pak Bupati dan Pak Gubernur bisa menyiapkan sebuah master plan, menyiapkan desain agar di Alor ini bisa dilirik oleh para wisatawan yang sebanyak-banyaknya, seperti Bali, seperti Labuan Bajo. Saya kira di sini memiliki kekuatan itu, memiliki peluang itu, memiliki potensi itu,” kata Jokowi ketika dirinya ditanya tentang kesan pertama sang Presiden manakala tiba di Alor.

Sebagaimana dijadwalkan rangkaian kegiatan kunjungan kerja Presiden RI sebagai berikut: Pukul 09.05 Wita, Presiden RI beserta Rombongan, tiba di Bandara Mali Kabupaten Alor, disambut dengan sapaan adat, pengalungan dan tarian Lego – lego. Berikut Pukul 09.10 Wita, Presiden RI beserta rombongan menuju VVIP Room untuk melaksanakan refreshment. Kemudian Pukul 09.20 Wita, Presiden RI beserta Rombongan meninggalkan Bandar Udara Mali menuju Pasar Lipa Kalabahi.

Datang ke pasar rakyat Lipa di Kalabahi. Antusias masyarakat jelas terlihat, mereka padati jalur di mana rombongan melintas. Kamis, 03 Oktober 2024, Jokowi berdialog dengan para pedagang seraya memonitor harga sembako. Jokowi menyebut bahwa harganya baik, meskipun (harga) lebih tinggi dari di Jawa. “Mungkin karena ada tambahan biaya transportasi. Namun, saya kira masih pada posisi stabil,” ucap Jokowi.

Situs Setnek menera judul ‘Disambut Hangat, Presiden Jokowi Apresiasi Pesona Alam dan Keramahan Warga Kabupaten Alor’. Disebut di sana, yang mana kunjungan Presiden Jokowi ke Alor tak hanya mempererat hubungan antara pemerintah pusat dan daerah, tetapi juga membawa harapan baru bagi pengembangan pariwisata Alor yang kaya akan potensi alam dan budaya. Masyarakat Alor berharap bahwa kedatangan Presiden akan membawa dampak positif bagi perkembangan wilayah mereka, menjadikannya lebih dikenal oleh dunia seperti Bali dan Labuan Bajo. (*)