Friday, July 19

Winter is Coming


15 Februari 2023


Hidup damai, berhikmat agar kita selalu diberikan kesabaran, kecerdikan dan ketulusan…


Oleh: Desi Albert Mamahit
Penulis adalah Purnawirawan
Perwira Tinggi TNI Angkatan Laut


Gambar: Twilight di Laut Flores
Sumber teks: KWPR Jakarta


APA BOLEH buat, mulai sekarang orang-orang Manado – Minahasa – Kawanua – Sulawesi Utara, perlu lebih banyak lagi berhikmat. Harus lebih bijaksana dalam bersikap dan berperikaku dengan sesama warga Indonesia.

Jadi Juru Damai

Orang Kawanua harus jadi juru damai. Dan, paling penting harus lebih waspada. Siap-siaga, rapatkan barisan dan kekuatan, agar mampu menghadapi setiap ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan yang ingin mengacaukan kedamaian dan toleransi di daerah Manado, Sulawesi Utara dan juga di Indonesia.

Saya katakan ini dalam makna lebih luas, bahwa, bukan berarti harus angkat senjata berperang dengan mereka yang intoleran dan radikal.

Ilmu tertinggi dalam perang adalah mengalahkan lawan tanpa bertempur fisik. Musuh jadikan kawan!

Untuk itu, kita memang harus lebih banyak lagi berhikmat agar kita selalu diberikan kesabaran, kecerdikan dan ketulusan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa untuk mampu menghadapi mereka yang intoleran dan radikal di Indonesia, khususnya di Sulawesi Utara – Manado, dan di seluruh Indonesia. Orang-orang Manado – Minahasa – Kawanua – Sulawesi Utara adalah orang-orang yang sangat toleran, dan ini sudah terbukti sekian lama di tanah kita, di bumi Nyiur Melambai. Penduduk asli dan pendatang hidup rukun dan damai penuh persaudaraan.

Kita semua ingin Hidup Damai, karena damai itu indah. Namun untuk dapat hidup damai harus siap dan bisa menciptakan perdamaian, dan harus punya kekuatan dan kemampuan untuk mempertahankan perdamaian tersebut.

Mari kita orang-orang Manado – Minahasa – Kawanua – Sulawesi Utara bersama-sama dengan warga Indonesia lainnya yang cinta damai bersatu-padu menghadapi para intoleran dan radikal yang ingin mengacaukan Manado, Sulawesi Utara dan Indonesia.

Kita doakan agar mereka yang intoleran dan radikal juga diberkati oleh Tuhan yang maha kuasa untuk bisa menjadi manusia yang baik dan bermanfaat di Indonesia.

Tuhan Selalu Bersama Orang Benar

Harus disadari, diketahui, dan dicamkan bahwa sejak zaman dahulu, sampai saat ini dan sampai kapan pun juga, orang-orang Manado – Minahasa – Kawanua – Sulawesi Utara adalah orang-orang yang tidak pernah takut untuk membela kebenaran dan mempertahankan harga dirinya, tanah dan daerah leluhurnya.

Pada zaman perjuangan untuk Kemerdekaan Indonesia pun banyak pejuang dari orang-orang Manado – Minahasa – Kawanua – Sulawesi Utara yang gagah berani membela tanah-air di seluruh Indonesia. Sikap perilaku ini senantiasa akan terus ada sampai kapan pun juga.

Di mana pun berada kita tidak pernah takut karena kita yakin dan percaya bahwa Tuhan yang maha kuasa akan selalu bersama kita orang-orang benar dan pencinta damai. Oleh karena itu, hai orang-orang Manado – Minahasa – Kawanua – Sulawesi Utara dan di seluruh Indonesia, bersiap-siaplah dan berjaga-jagalah: Winter is Coming!

Salam Damai!

Jakarta, 2018

(*)