Monday, November 27

Solla dari Wawondula


10 Maret 2023


Solla itu dalam dielek Wawondula artinya Teman


Oleh: Dera Liar Alam


Gambar: Matahari sore menembus pegunungan Verbeek.


LEGENDA danau purba nan elok itu selasatu terhubung dengan Wawondula. Di danau itu terjadi aktivitas tektonik di zaman silam, jutaan tahun lalu. Di sekitar lokasi itu, masyarakat menjaga kearifan warisan luhur para leluhur.

Tak banyak data tersaji dan saya temui terkait Wawondula. Manakala melintas pegunungannya, saya mencatat, ‘Asuli merindu sajak Wawondula: awan-awan membungkus pertapaan gunung-gunung, di sana, di Wawomeusa’. Orang-orang di sana mengenal Bulu’ Wawomeusa adalah puncak yang senantiasa diliputi kabut, di sana Langkea Raya terintegrasi jalur pendakian di dusun Verbek terkenal sebagai jalur lintasan menuju misteri kabut di Wawomeusa. Mungkin terbiasa dengan pengucapan Verbeek, pegunungan yang hubungkan selatan kea rah tengah dan utara pulau Celebes. Dalam misteri, sungai meliuk-liuk di rimba, pegunungan, danau, dan berbagai cerita. Siapa tau nikel, emas, dan bahan tambang lainnya ada di sana. Perkebunan lada terkenal di sini.

Saya datang ke sana dan melihat danau Towuti, menjelang sore dalam perjalanan berjam-jam, tiba di tepi Matano. Dalam perjalanan menulis resume, menandai sejumlah tempat, Bantilang, Lioka, Pekaloa, Asuli, Mahalona, Tole, Libukan Mandiri, Buangin, Kalosi, Tokalimbo, Loeha, Langkea Raya, Wawondula. Bertahun kemudian bertemu kawan, berbicara tentang nikel dan kebun cengkih.

Solla dari Wawondula:

Di sana orang-orang bertanam sayuran dan buah-buahan. Tercatat komoditas yang dihasilkan dari tanaman sayuran meliputi cabe, tomat, sawi, kacang panjang, kangkung, dan bayam. Di sini juga terkenal penghasil rambutan, mangga, durian, pepaya, pisang, dan buah lainnya. Tersebut di Towuti merupakan produsen cengkeh, lada, kelapa, kelapa sawit, kakao, dan kopi.

Sebagaimana ditulis Fenti Sukmah di Nativeindonesia, Danau Towuti memiliki luas sekitar 561,1 kilometer persegi. Danau itu punya kedalaman maksimum mencapai sekitar dua ratus meter. Selain berstatus sebagai danau purba tertua, danau Towuti adalah genangan air tawar terbesar di Indonesia, ke dua setelah danau Toba. Danau Towuti memiliki panorama alam yang sangat eksotis. Dan di tengah-tengah danau akan terlihat pemandangan beberapa pulau.

Berapa teman bersua dalam perjalanan. Mereka bertutur alam nan elok, pegunungan, kebun cengkih, lada, dan rambutan. Masih dalam ingatan alir yang teduh, ombak mendecak tepi, batu, rerumputan, tanah, gunung-gunung misteri hijau membiru. Dan kawan, oleh orang di Wawondula menyebutnya sebagai Solla. (*)