Wednesday, June 19

Ritual Merdeka, 2022


17 Agustus 2022


Praksiskan merdeka bagi kemanusiaan semesta dan perdamaian dunia…


Oleh: Redaksi BANGUN-INDONESIA.COM


Foto-foto: Tangkapan layar di YouYube Sekretariat Presiden


Kutipan pidato kenegaraan Presiden Jokowi, 2022,
Dalam Rangka HUT RI ke-77



Bismillaahirrahmaanirrahiim,
Assalaamu ’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh,
Selamat pagi,Syaloom,
Om Swastyastu,
Namo Buddhaya,
Salam Kebajikan.

Saudara-saudara se-Bangsa dan se-Tanah Air, para hadirin yang berbahagia.

Tantangan yang kita hadapi sangat berat. Sangat sulit. Tidak mudah. Semua negara di seluruh dunia sedang menghadapi ujian yang sama. Krisis kesehatan pandemi Covid-19 belum sepenuhnya pulih. Perekonomian dunia juga belum sepenuhnya bangkit. Tiba-tiba meletus perang di Ukraina, sehingga krisis pangan, krisis energi, dan krisis keuangan tidak terhindarkan lagi.


Ujian ini tidak mudah bagi dunia dan juga tidak mudah bagi Indonesia. Semua ini harus kita hadapi dengan kehati-hatian, dengan kewaspadaan. Namun, di tengah tantangan yang berat, kita patut bersyukur, Indonesia termasuk negara yang mampu menghadapi krisis global ini.


Kepercayaan besar dari masyarakat internasional ini juga bisa dirasakan di dalam negeri. Reformasi struktural untuk daya saing dan iklim berusaha terus kita lakukan. Ekosistem investasi dan pertumbuhan UMKM terus kita perbaiki. Hilirisasi dan manufaktur di dalam negeri terus tumbuh pesat.


Pertumbuhan investasi juga meningkat tajam, di mana saat ini 52 persen di antaranya sudah berada di Luar Jawa. Artinya, ekonomi kita bukan hanya tumbuh pesat, tetapi juga tumbuh merata, menuju pembangunan yang Indonesia sentris.