Wednesday, June 19

Membaca Pesan di Hati Ayam


04 Juni 2023


Rahasia Opo Wana Natase – Tuhan yang bersemayam di semesta langit, tertinggi dalam kepercayaan leluhur Malesung atau Minahasa, ada tertera di hati makhluk, selasatu ada di hati ayam terpilih dan ditentukan oleh orang-orang terpilih. Demikian tajuk yang dipetik dari tulisan Sual, ‘Membaca surat pesan Tuhan melalui hati ayam’.


Oleh: Daniel Kaligis


PESAN tertera, kemudian dibaca. “Kepercayaan yang berhubungan dengan ayam itu sangat tua. Di Sangihe dulu, sebelum melaksanakan pesta adat, sabung ayam dulu melihat mana yang kalah dan menang baru ditentukan: ‘tulude’ ataukah ‘menondang bala’.” Begitu ditulis Jolly Horonis menanggapi postingan dan caption foto-nya Iswan Sual, penghayat Lalan Rondor Malesung – terkait upacara adat ‘Kemi’is In Do’ong’.

Ritual ‘Kemi’is In Do’ong’ di Tondei, yakni upacara pembersihan wanua atau kampung, sudah berlangsung, 30 Mei 2023.

Iswan Sual menulis beberapa bait tentang kegiatan mereka di wanua Tondei: Membaca surat pesan Tuhan melalui hati ayam. Yaitu tradisi pengetahuan ini seumur bumi. Pengetahuan ini ada hampir di setiap pelosok dalam peradaban tua. Salah satunya di tanah Minahasa.

Hati adalah hal paling rahasia dan penuh misteri. Tapi Tuhan – Apo Kasuruang Wangko’ – mengaruniakan orang-orang terpilih supaya dapat menelusuri dan memaknakan isi.

Para penghayat kepercayaan Malesung adalah orang-orang terpilih dalam jalan tradisi ini. Berupaya sekuat daya agar kekayaan budaya spiritual identitas atau jatidiri bangsa sendiri kekal abadi.

Saat upacara adat ‘Kemi’is In Do’ong, para pembaca surat adalah Walian Frits Sual, Tonaas Rinto Taroreh, Kasule Alo Ridel Lumenta Rawis. (*)