Sunday, March 3

Kangaroo dan Mitos Suci Air Bah


17 Januari 2024


Saya menafsir – airbah Nuh, lokal dan jamak terjadi di banyak lokasi. Cerita serupa itu ada di banyak bangsa.
Gambaran pemusnahan tanpa sisa – selamat & berketurunan tak ada lagi selain yang naik ke bahtera – dengan usia sumber teks yang ada di Pentateukh – nampak mustahil. Apalagi teks itu disandingkan dengan temuan data fakta & sains yang ada hari ini…


Diramu dari berbagai sumber
Oleh: Dera Liar Alam


Sumber gambar: thoughtco.com


MELOMPAT dengan kecepatan 25 kilometer per jam, kanguru bergegas ke bahtera nabi Nuh. Langit mendung, hujan badai sudah membayang.

Melihat dari jenisnya, kita boleh bertanya: berapa pasang kanguru naik ke bahtera?

Kanguru Merah adalah hewan marsupial terbesar yang masih hidup. Apabila berdiri tingginya dapat mencapai lebih dari dua meter dan bobotnya mencapai 90 kilogram.

Kanguru jenis ini biasanya bergerak dalam kelompok besar. Mereka tidur di siang hari manakala hawa paling panas. Jika tak ada air, mereka akan cari kelembapan dari tumbuhan hijau. Mereka juga hanya akan berkembang biak apabila ada hujan dan tumbuh tanaman baru.

Kanguru Abu-abu Timur dapat ditemukan di daerah subur Australia bagian timur.

Kanguru Abu-abu Barat dapat ditemukan di Australia bagian barat, di Australia bagian selatan yang dekat dengan pantai dan basin Sungai Darling. Kanguru Abu-abu sangat banyak jumlahnya. Mereka hidup di hutan-hutan eukaliptus yang terbuka dan di daerah berumput. Mereka memakan rumput.

Dulu, sempat beredar rumor bahwa arti kata kanggaroo, ‘Saya tidak tahu’ dalam bahasa Aborigin Australia.

Alkisah, pada suatu hari, pelaut Amerika-Inggris mendarat di Australia dan melihat seekor hewan yang sangat unik, berkantung. Pelaut itu lalu bertanya kepada orang suku Aborigin, suku asli Australia di sana. Pelaut bertanya, “hewan apakah itu?” dan dijawab, “Kang-Ga-Roo.” Pelaut menganggap Kanggaroo adalah nama hewan itu, maka mereka menamainya Kanggaroo, padahal orang Aborigin itu berkata, “Saya tidak mengerti!”

Rumor ini tidak benar. Kata kanguru berasal dari bahasa Aborigin Australia ‘gangurru’ yang merupakan nama salah satu spesies hewan berkantung, disinyalir sebagai salah satu spesies kanguru. –  “Kangaroo dictionary definition | kangaroo defined”. www.yourdictionary.com –

Balik lagi ke soal kanguru yang naik ke bahtera…

Kisah air bah dikirim para dewa untuk hancurkan peradaban sebagai suatu tindakan penghukuman ilahi adalah tema yang tersebar luas dalam mitologi Yunani dan banyak mitos budaya lainnya, termasuk Matsya dalam Puranas Hindu, Deucalion dalam mitologi Yunani dan Utnapishtim dalam Epos Gilgames. Sebagian besar budaya dunia pada masa lampau dan kini mempunyai cerita-cerita tentang air bah yang memporak-poranda peradaban sebelumnya.

Sebagian pemeluk Yahudi Ortodoks dan Kristen yang berdasarkan hipotesis dokumen, menyatakan bahwa air bah yang dikisahkan kitab Kejadian ini mungkin terdiri dari sejumlah sumber setengah independen, dan proses penyusunannya berlangsung selama beberapa abad dapat menolong menjelaskan kerancuan dan pengulangan yang tampak di dalam teksnya.

Kisah air bah dapat dibaca dalam Alkitab Ibrani dan di Perjanjian Lama Alkitab Kristen dalam kitab Kejadian pasal enam hingga sembilan. Bila air bah pernah terjadi, tentu si kanguru ikut naik ke bahtera nabi Nuh. Kalau tidak naik, pasti kanguru sudah punah sekarang.

Kanguru, hewan berkantong yang khas hanya ada di Australia. Australia, benua mandiri di selatan bumi. Sekitar 40.000 tahun sebelum didatangi bangsa Eropa, Australia telah dihuni Aborigin.

Pertanyaannya, terkait cerita di atas, kapan kanguru turun di Australia usai air bah? Mari kita diskusi! (*)