Tuesday, July 23

Bangsa yang Diami Alor


05 Mei 2022


Hutan dijaga, Addi – sang dewa, mengawal perjalanan panjang teturunan di sana. Pernah mampir Takpala, ngopi dan makan jagung bose. Hawa sejuk segar menebar dari belantara adalah kenikmatan tiada tara…


Oleh: Dera Liar Alam


Gambar: Penjual kerainan di Takpala Tribe, Takpala Village.


MEMBACA Ethnologue: Languages of the World, Barbara F. Grimes – Dallas, Texas: SIL International: bangsa yang mendiami Alor disebut Abui, Barawahing, Barue, atau Namatalaki.


Baca juga: Perempuan Abui


Orang-orang di sana punya tutur dan kisahnya sendiri atas tanah dan sumberdaya yang mereka punyai, dan pernah diklaim terjajah oleh bangsa Eropa di masa silam.


Nusa dan babadnya senantiasa berulang, kami seperti menghela pangium edule, dan mabuk kepayang dengar berita cerita. Pembangunan, sistem, jalan berlubang, sumberdaya, naik harga. Kita, rakyat, berkemah di bawah cakrawala yang diisi sosialisasi karangan sumbang. — Boleh nikmati di: Perahu Nusa Berulang-ulang


Medio 16 Juli 2020, saya menapaki sejumlah titik, mendengar tutur petani nelayan dan orang-orang yang ramah menyapa dengan senyum rela dan segar. Meresap eksotika tiap lekuk alamnya. (*)


Tertera pada teropongalor.com
24 Juli 2020