Friday, April 19

Tradisi Berpengetahuan di Masa Pandemi


17 Juni 2020


Oleh: Dera Liar Alam
Penulis adalah jurnalis penulis


BUKU dalam ingatan paternal juga membincang sejarah perempuan: padahal history, kental nuansa lelaki ‘his story‘. Masuk pada kisah dan tutur a la perempuan, entah ini hanya sebuah definisi yang enggan dipakai kaum lelaki. Herstory is a term for history written from a feminist perspective, emphasizing the role of women, or told from a woman’s point of view – sejarah ditulis dari perspektif feminis, menekankan peran perempuan, atau diceritakan dari sudut pandang perempuan.

Di ruang diskusi, di situ kami. Berbincang dan berbagi perspektif.

Interupsi di Ruang Obrolan

Anda ingin membaca bebas biaya? Berbagai material sumber primer dari berbagai kebudayaan dunia dalam format multibahasa: manuskrip, peta, buku langka, partitur musik, rekaman, film, cetakan, foto, rancangan arsitektur, dan berbagai bahan budaya lainnya, kunjungi World Digital Library — Kepala perpustakaan itu saat ini adalah perempuan, Carla Hayden: 2019.

Cikal bakal World Digital Library adalah Library of Congress. Institusi itu punya tiga gedung di Washington, D.C. Perpustakaan itu menjadi yang terbesar di dunia dari segi luas rak buku dan total koleksi buku. Katalog dari Library of Congress mendaftar lebih dari 32 juta judul bahan pustaka yang ditulis dalam 470 bahasa. Perpustakaan juga menyimpan koleksi 61 juta manuskrip, dan koleksi buku langka terbesar di Amerika Utara, termasuk naskah Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat dan kitab Gutenberg.

Library of Congress menyimpan lebih dari satu juta judul terbitan pemerintah Amerika Serikat, satu juta terbitan surat kabar dari seluruh dunia selama tiga abad terakhir. Di sana ada 33.000 volume surat kabar yang dijilid, ada 500.000 gulung mikrofilm, lebih dari 6.000 judul buku komik, dan koleksi literatur hukum terbesar di dunia.

Ada juga Koleksi bahan nonbuku terdiri dari film, ada 4,8 juta judul peta, lembar musik, ada 2,7 juta judul rekaman suara, lebih dari 13,7 juta lembar foto – termasuk gambar arsitektur, serta biola Betts Stradivarius dan Cassavetti Stradivarius.

Balik ke soal Library of Congress: Medio Agustus 1814, tentara Inggris membakar Gedung Capitol termasuk perpustakaan dan tiga ribu buku di dalamnya.

Kami membahas buku dan tradisi berpengetahuan di masa pandemi dalam perspektif wanua. Wanua itu adalah kampung, tempat hidup kami, tempat di mana kami mengenang para leluhur, tanah dan segala eksistensinya. (*)