Friday, July 19

Senja Memanjang, Hati Berdarah


11 Februari 2022


Medio, 11 Februari 1938 — BBC memproduksi acara fiksi ilmiah TV pertama: adaptasi sandiwara fiksi ilmiah tahun 1920 karya Karel Capek, penulis Ceko. Terminologi ‘robot’ dicipta.
R.U.R. – Rossumovi Univerzální Roboti.


Oleh: Dera Liar Alam
Penulis adalah jurnalis dan penulis


Gambar: Sebelum kemarau di selatan


MUSIM bunga hampir tuntas di bumi selatan. Di Wanua, hujan masih deras, patahkan bakal buah dan batang-batang lembut. Ribu zaman, peramu hutan menanam ketela, talas, bumbu berbagai aroma, dan cabai. Lalu sistem menanam modernism dan investasi, katanya bagi kemanusiaan.

Di bilik neraka buatan Divina Commedia, Robin Hood tertembak panah vernacular. Beatrice Portinari dan para perempuan kawin lari. Hatinya berdarah. Nanti, senja akan memanjang, matahari tak pernah tenggelam di Nordkapp.

Di negeri kita, ngeri:
Musim bunga, surga
Proklamasi terali-terali ingkar melingkar-lingkar
Regulasi memancung rakyat
Periksa sihir
Bisnis barcode
Surat hutang tertanda sehat

Musim bunga, neraka
Proklamasi positif
Alpha,
Beta,
Gamma,
Delta,

Reaktif
Reaktif
Reaktif

Musim bunga di Wanua: Ribu zaman, peramu hutan menanam ketela, talas, bumbu berbagai aroma, dan cabai. Lalu sistem menanam modernism dan investasi, katanya bagi kemanusiaan. Hutan, tanah, lahan, sungai, telaga, danau, lautan, difoto sebagai proyek keyakinan negara. Tanah air, tuhan. Hati berdarah. (*)

Jakarta, 2020.


Catatan untuk ‘Divina Commedia’

Puisi naratif karya Dante Alighieri, penulisannya dimulai tahun ca. 1308 dan terselesaikan 1320, satu tahun sebelum wafat Dante Alighieri, 1321. Secara luas puisi itu dianggap karya unggulan dalam sastra Italia, dipandang sebagai salah satu karya terbesar sastra dunia. Visiun imajinatif sang penyair tentang kehidupan setelah kematian merepresentasikan pandangan dunia abad pertengahan sebagaimana dikembangkan dalam Gereja Barat pada abad Empatbelas. Divina Commedia berkontribusi membentuk bahasa Toskano, yang digunakan dalam penulisan karya ini, sebagai bahasa Italia baku.Karya ini terbagi menjadi tiga bagian: Inferno, Purgatorio, dan Paradiso.

Tulisan ini menggambarkan perjalanan Dante melintasi Neraka, Purgatorium, dan Firdaus atau Surga; tetapi, pada suatu tingkatan yang lebih dalam, puisi ini secara alegoris merepresentasikan perjalanan jiwa menuju sang pencipta. Pada tingkat yang lebih dalam itu, Dante merujuk pada filsafat dan teologi Kristen, khususnya fisafat Thomistik dan Summa Theologica karya Santo Thomas Aquinas. Divina Commedia disebut ‘Summa dalam rupa puisi’.

Karya ini pada awalnya hanya berjudul Comedìa dan kata Divina ditambahkan oleh Giovanni Boccaccio. Edisi cetak pertama yang menambahkan kata divina pada judulnya adalah yang dihasilkan humanis Venesia, Lodovico Dolce, diterbitkan tahun 1555 oleh Gabriele Giolito de’ Ferrari.


Referensi:
Hell – Dorothy L. Sayers
The Teachings of Dante – Dinsmore Charles Allen