Friday, September 29

Apa Kabar 04 – 05


04 Mei 2021


Oleh: Dera Liar Alam


APA KABAR pembangunan, rakyat sudah dapat bagiannya? Hari ini bicara hak-hak yang masih terabai. Di tingkat nasional sistem sementara bersuara: “Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal untuk tahun mendatang, 2022, telah dirancang. Seperti itu kabar menarik dari kementerian yang mengurus soal uang di negeri ini.

Anda sehat, itulah cerita positif hari ini, di 04 – 05. Sementara, tercatat ada pasien positif harian selama pendataan dua puluh empat jam terkini sebanyak 4.369 orang. Pada sisi sama C-19, akumulasi pasien sembuh ada 1.541.149 orang, berada pada kisaran 91,3 persen. Teruslah sehat, dan terus bersemangat.

Ibu negara berbenah, di sejumlah daerah, rakyat dalam petaka, berdarah-darah menanggung sengsara. Waktu, ada dalam bingkai berita. Derita masih belum tersentuh tinta berita. Tema kebijakan fiskal tahun 2022: Pemulihan Ekonomi dan Reformasi. Hal yang diharap mampu mendorong reformasi struktural sehingga dapat mengembalikan pertumbuhan ekonomi pascapandemi yang sementara menindih sistem dan membingungkan sejumlah pihak.

Seperti itu sistem mendengungkan kemajuan berbagai sektor. Katanya hal-hal peran pembangunan terus mengalami kemajuan dan peningkatan. Pemodal, tentu cukup kuat berdiri hari ini. Kapital jadi perkara sebab rakyat banyak bergantung pada janji dengan tajuk bantuan.

Kita bersuara dengan sajak-sajak: Apa kabar hari ini. Political legitimacy terbit seperti sajak gelombang, tumpah ruah di pasir pantai di tebing, di lumpur perkara yang membaur kabur denting kabar. Di sana, port ramai. Lalu cahaya downtown merayapi terusan di bawah highway. Kaca-kaca di sini meninggi supaya peradaban bercermin. Tapi, rakyat terkurung larangan pulang.

Hari ini dalam sejarah: 04 Mei 1982 — Pemilu ketiga di era Orde Baru Indonesia. Kita masih mengalkulasi waktu terbuang, sebab saling serang dan terus bertikai atas nama keyakinan-keyakinan di atas kertas terduga suci.

Hari ini di masa silam: Napoléon Bonaparte, panglima, pemimpin militer, pemimpin politik, dan Kaisar Prancis yang memenangkan sejumlah pertempuran di Eropa, medio 04 Mei 1814, tiba Elba, pulau di Semenanjung Toscana, Italia. Hari itu, Bonaparte memulai pengasingannya yang pertama.

Tulisan tahun-tahun silam jadi sejarah peradaban untuk evaluasi sekarang dan di masa menjelang. Obrolan kita masih dengan tagar sama #JagaJarak #Koffie #Estorie walau derita sesepi berita: kobarkan damai bagi semesta. (*)