Sunday, April 14

Bangkit itu Bangun dan Berkarya


16 Mei 2022


Oleh: DAX
Gambar:  Family Gathering K3M, Minggu, 15 Mei 2022.


RUANG penuh pengunjung dan ramai: nyanyi, ujaran, bertemu bersalam-salaman. Minggu, 15 Mei 2022, teturunan Kawanua di Makassar bersua dalam ‘Family Gathering’ di Gedung Serba Guna (GSB) GPIB Immanuel Makassar. Acara ini dirangkaikan dengan Paskah umat Kristen 2022.

Tomy Karundeng dari podium memandu acara. Tembang dilantunkan. Pdt Doni Ngala, selalu Penasihat dan Pengurus K3M, mengulang semangat kebangkitan itu, “Falsafah kita ‘Si Tou Timou Tumou Tou’, saling menghidupkan, membangkitkan semangat sesama perantau. Jangan saling ‘tumongko’. Apa itu tumongko? Torang so tau samua itu depe arti,” urai Ngala seraya menerangkan supaya umat tidak saling memotong, saling sikut, dan supaya kita semua bangkit menjadi ‘terang’ dengan perbuatan baik dan kasih.

Kerukunan Keluarga Kawanua di Makassar, sebagai mana tercatat terdiri dari sejumlah perkumpulan yang berasal dari roong, wanua, atau kampung. Hadir dalam kesempatan ini, Drs, Harry Mandey, MM., Ketua I K3M, berikutnya DR Metsie T Kandou, Sekretaris Umum K3M, dan perwakilan masing-masing dari kerukunan Pinaesaan Sudiang, Tanawangko, Kakas, Langowan, Remboken, Kaasar Karegesan, kerukunan ne Dembean, Aermadidi, Koya-Tatataran, Ratahan, Sonder, Tompaso, Kayu Uwi, Tombatu, Kakaskasen, Kolongan-Tomohon dan sejumlah undangan.

Drs Ec. Harly Weku, MM. Ak., Ketua Umum K3M, menegaskan makna perantau yang datang berkarya di negeri seberang. “Kita semua berasal dari roong atau wanua, datang di Makassar, tumani, kerja berkarya dan bersyukur boleh baku dapa, bertemu dalam kesempatan ini.

Singkat persiapan terkait acara silaturahmi yang adalah bagian dari program K3M. Rapat panitia sudah dilaksanakan di sekretariat K3M, Jl. Maccini 31, dua minggu menjelang hari H. “Persiapan kali ini waktunya singkat, namun kita bersyukur acara ini dapat berjalan dengan baik dan sukses. Acara selanjutnya nanti akan lebih besar sudah kami persiapkan bagi semua anggota,” kata Weku, tonaas K3M.

Saban tahun K3M selalu membuat acara, ada saja ‘kejutannya’, bahkan sampai menghadirkan artis ibukota asal Kawanua, seperti yang terlaksanan 2019 yang silam, manakala K3M merayakan ulang-tahunnya. (*)